Primadona Baru, Bersepeda Sambil Berwisata di Trek Senggigi Bike Park

  • Sep 19, 2022
  • Admin Desa Senggigi

Senggigi, Lombok Barat- Semakin menanjak, keindahan pemandangan alam di bukit Dusun Loco, Desa Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat semakin memukau. Hamparan laut yang luas dan biru, terlihat dengan jelas dari ketinggian. Rimbunan pohon hijau mengiringi jalan menuju lokasi Senggigi Bike Park, tepatnya jalur menuju perbukitan di tanjakan samping Cafe Alberto.

Senggigi Bike Park adalah lintasan bagi para pesepeda gunung yang mencintai tantangan. Lintasan yang berada didekat areal perkebunan masyarakat dusun Loco tersebut akan diresmikan oleh Kepala Desa (Kades) Senggigi, Mastur pada Minggu (02 Oktober 2022) mendatang.

Berbagai persiapan sedang digodok oleh Pemdes Senggigi bersama Senggigi Cycling Club (SCC) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk memeriahkan acara peresmian trek Mountain Bike (MTB) yang tinggal beberapa hari lagi pelaksananya tersebut.

"Untuk mengawali peresmian trek Senggigi Bike Park itu, para peserta yang sudah memiliki tiket akan diajak untuk berkemah selama satu malam di pantai Loco pada hari Sabtu, 01 Oktober 2022," ujar Kades Senggigi, Mastur saat ditemui siang tadi di kantor desa Senggigi, Senin (19/9/2022).

Ia menambahkan, setelah melakukan kemah (Bike Camp) selama satu malam, para peserta nantinya akan diarahkan menuju bukit Dusun Loco, yang menjadi titik start daripada trek Senggigi bike Park tersebut, sebelum akhirnya trek ini diresmikan.

"Setelah diresmikan, peserta akan diarahkan untuk menjajal trek tersebut hingga finish dan kembali berkumpul di lokasi perkemahan sambil menikmati berbagai hiburan lainnya, termasuk pengundian doorprize," terang dia.

Trek Senggigi Bike Park ini sambung Mastur adalah untuk melengkapi destinasi yang ada di Senggigi yang sudah ada.

"Senggigi ini kan tidak hanya memiliki destinasi wisata pantai saja,akan tetapi ada panorama gunung yang bisa dijual keindahannya kepada wisatawan. Dan salah satunya adalah wisata andrenyali Senggigi bike Park ini," lugasnya.

Mastur berharap, dengan adanya trek yang ada di bukit Dusun Loco ini, ke depan Senggigi bukan hanya dikenal sebagai wisata bahari atau wisata pantai saja. Namun, ada banyak tempat-tempat wisata lainnya yang dapat di eksplor.

"Mudah-mudahan dengan adanya Senggigi bike Park ini, kita harapkan Enduro tingkat Nasional tahun 2023 mendatang bisa diselenggarakan di Senggigi," harapnya.

Dengan adanya trek sepeda ini lanjutnya, perpaduan antara wisata pegunungan dan wisata pantai oleh pengunjung bisa dilakukan saat berwisata ke Senggigi.

"Anak-anak bisa bermain di pantai bersama ibunya atau keluarga lainnya, sambil menikmati keindahan laut dan pesisir pantai di tempat basecamp itu. Sementara, bapak-bapak kan bisa ke gunung untuk menikmati keindahan perbukitan untuk bersepeda sambil berwisata ," pungkasnya. (hms-ds).