PENETAPAN HASIL PENDATAAN SDGs PEMDES SENGGIGI

  • Jul 22, 2021
  • Admin Desa Senggigi

Berita Senggigi- Setelah kurang lebih kurun waktu selama 2 (Dua) bulan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs), Pokja relawan pendataan desa Senggigi akhirnya menyelesaikan pendataan.

SDGs Desa merupakan Role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021 di Desa Senggigi.

Pendataan yang dimulai pada awal April yang seharusnya bisa diselesaikan pada 30 Mei 2021 akan tetapi karena ada berbagai kendala menyebabkan keterlambatan sehingga oleh Badan Permusyawatan Desa (BPD) dilaksanakan Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pendataan SDGs Desa Tahun 2021 di Aula kantor Desa Senggigi pagi tadi, Senin (28/6).

Acara dihadiri Camat Batulayar melalui Kepala seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekobang), Ketua BPD beserta Anggota, Sekdes Desa Senggigi, Semua Kepala Dusun dan ketua RT se-Desa Senggigi dan Tokoh Masyarakat.

Ketua BPD Desa Senggigi, Amsiah mengungkapkan bahwa pendataan SDGs ini memang terkendala beberapa hal diantaranya sangat lambatnya server kementerian desa dan juga sering erorrnya aplikasi SDGs Desa. Kedua kendala tersebut sangat menghambat kinerja pokja relawan, karena hal tersebut merupakan kunci utama terselesaikannya pendataan.

"Untuk pendataan yang dilakukan pokja dari pintu ke pintu tidak ada masalah" Ujarnya.

Ia mengharapkan agar pendataan SDGs desa ini nantinya benar-benar bisa menjadi dasar desa yang valid dalam kegiatan di segala bidang yakni bidang pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan dan pembinaan.

Sementara Camat Batulayar melalui Kasi Ekobang, Reni Ekowatie menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Pokja Pendataan SDGs dalam Pendataan dan Penginputan Data SDGs Tahun 2021 telah selesai tepat waktu sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Harapan dari pemutakhiran data desa dapat digunakan sebagai basis penyusunan Rencana Pembangunan Desa dan Daerah. Dengan begitu, program-program yang akan dilaksanakan daerah akan tepat sasaran," Ungkap Reni

Di tempat yang sama Sekretaris Desa Senggigi, Syafi'i SE menyampaikan apresiasi dan memberikan semangat kepada para relawan SDGs karena telah bekerja dengan baik akan tetapi kata dia, dengan penetapan yang sekarang ini bukan berarti berakhir kegiatan. Ini merupakan tahapan karena setelah ini akan dilaporkan sebagai laporan bahwa kita melaksanakan kegiatan SDGs di Desa Senggigi ini.

"Data SDGs ini nanti menjadi prioritas Dana Desa sehingga kita dalam melaksanakan RKP Desa tahunan dari data ini dan akan menjadi acuan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan desa," Ucapnya

Lebih lanjut di jelaskan Syafi'i bahwa dari hasil pendataan relawan tersebut di peroleh hasil yakni Dusun Loco untuk data rumah tangga yang sudah di input sebanyak 100 KK dan individu sebanyak 383 sehingga berjumlah 483, Dusun Senggigi untuk data rumah tangga sebanyak19 KK dan individu 58 sehingga berjumlah 77.

Selanjutnya Dusun Kerandangan untuk data rumah tangga sebanyak 69 KK individu 183 sehingga berjumlah 252 dan Dusun Mangsit untuk data rumah tangga 93 KK dan individu 258 sehingga berjumlah 352. Jika di jumlahkan semua dari 18 RT dengan data rumah tangga sebanyak 281 dan individu sebanyak 882 menjadi 1.163 yang sudah masuk aplikasi.

Sementara yang sudah didata tapi belum masuk aplikasi adalah Dusun

Loco sebanyak 16 KK dan individu 126 dengan umlah142, Dusun Senggigi sebanyak 12 KK dan individu 412 dengan jumlah 524, Dusun Kerandangan sebanyak 77 KK dan individu 235 dengan jumlah 312 dan Dusun Mangsit sebanyak 67 KK dan individu 220 dengan jumlah 287

"Kalau di gabungkan antara yang sudah di input dengan yang belum di input berjumlah 2.428,"